Kegagalan Sebuah Program Diet


Kegagalan sebuah program diet dapat dan juga seringkali terjadi, hal ini Sangat tergantung pada setiap orang yang melaksanakannya. Sebagian besar terjadi karena kesalahpahaman kita tentang arti sebuah diet dan juga kurangnya memperhatikan faktor kesehatan.

Statistik menunjukkan bahwa 80-90% para dieter (orang yang diet) kecewa dengan kegagalan program diet mereka ,bobot tubuhmereka kembali bahkan seringkali lebih berat daripada sebelumnya.
Jika kita berpikir ulang dan menganalisis kembali ,penyebab kegagalan diet adalah sebagai berikut:

Salah Memilih Program Diet
Sebagian besar dari mereka memilih program penurunan berat badan secara cepat , sebuah program diet yang ketat, di mana mereka makan kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan kebutuhan tubuh. Kondisi ini dapat menghasilkan hasil yang lebih cepat, tetapi meningkatkan risiko pengembangan penyakit. Selain itu, mereka menjadi bosan dan apatis, kondisi ini dapat menyebabkan turunnnya nafsu makan atau memicu untuk meningkatkan konsumsi makanan yang harus dihindari selama program diet. Misalnya, model diet puasa di mana mereka biasanya tidak mengkonsumsi hampir semua makanan kecuali air sehingga berat badan turun secara drastis, tetapi berat badan yang turun tidak disebabkan oleh karena hilangnya cadangan lemak tubuh,tetapi karena kehilangan air dan garam dalam tubuh dan ini sangat berbahaya

Jadwal makan yang tidak Terkontrol
Kebiasaan makan yang kurang/tidak terkontrol dapat menyebabkan kegaaglan diet. Jadwal yang baik adalah makan pagi, siang dan malam. Kurangnya kontrol pada jadwal makan dapat memicu rasa ingin mencoba makanan dan keinginan yang kuat merasakan makanan dan hal ini mengganggu program diet.

Salah Memilih Menu Makanan
Porsi menu makanan yang tidak sesuai dengan kegiatan sehari-hari dapat menyebabkan kegagalan diet. Jenis dan menu makanan sangat berpengaruh dalam hal ini, ketika menu yang di sajikan terlalu jauh dari kebiasaan makan dan kegemaran kita, ini akan menimbulkan kebosanan dan apatis sehingga akan memicu keinginan untuk mencoba makanan yang harus dihindari.

Kurangnya Latihan atau Olahraga
Kurangnya asupan makanan saja tidak akan membuat diet kita berhasil tanpa dikombinasikan dengan latihan fisik atau olahraga yang benar. Lakukan latihan secara reguler 3 – 5 kali / minggu selama 30 – 60 menit dengan berjalan kaki, jogging, bersepeda, berenang, aerobik atau olahraga yang sesuai dengan kemampuan kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: